'Bout

Foto saya
Malang, Indonesia
Knowledge and Experience is the BEST TEACHER in this WORLD..

Sejarah Internet

Oke kali ini Ane ingin berbagi tentang pengetahuan yang Ane dapet dalam Pelajaran sejarah, tapi.... Bukan sejarah yang rumit, ini sejarah yang sangat menarik untuk dibahas, langsung aja ya?? Cekidot... :D

Lahirnya Internet dimulai dari sebuah proyek kecil pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1970an. Internet dilahirkan dari sebuah jaringan riset ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang disebut juga dengan ARPANET. ARPANET memiliki beberapa komputer kecil yang disebut dengan Interface Message Processors (IMPs) yang saling terkoneksi satu sama lain melalui modem dan leased line yang memfasilitasi pertukaran data di antara komputer yang berbeda melalui packet switching. Dengan semakin tersebarnya popularitas ARPANET, selanjutnya satu per satu komputer semakin banyak yang dikoneksikan melalui ARPANET dengan ukuran jaringan yang semakin meluas sehingga mulai terbentuklah benih-benih jaringan Internet.
Pada tahun 1993, semua manusia mulai melihat Internet untuk pertama kalinya. Pada saat itu orang dapat mengkoneksikan sebuah komputer ke komputer yang lain melalui protokol-protokol seperti telnet dan FTP dengan menggunakan terminal window. Perintah-perintah telnet dan FTP secara manual diketik melalui sebuah prompt - di mana user interface belum tersedia. Untuk mengakses ke sebuah sistem remote membutuhkan username dan password atau jika tidak akan dibatasi hanya pada public directories - merupakan direktori yang tidak di-protect dan terbuka secara public.
Kemajuan besar Internet dimulai dari dikembangkannya HTML (HyperText Markup Language) dan program (browser) yang dapat membaca dan menampilkan dokumen-dokumen HTML sehingga kemudian muncullah World Wide Web yang lebih dikenal dengan WWW. Saat ini dokumen HTML, yang dikenal juga dengan web pages, dapat berisi image (gambar), movie clip, suara, animasi dan lain sebagainya.
Selama sejarah singkatnya, Internet telah berkembang dengan sangat pesat. Bahkan pada saat Anda membaca artikel ini, telah terdapat milyaran halaman web dan jutaan website yang berada dalam jaringan global (Internet). Dengan fasilitas editor easy to use WYSIWYG (What You See Is What You Get), teknik menciptakan sebuah website dan meletakkannya secara online dalam jaringan global menjadi sangat mudah. Orang-orang menggunakan Internet tidak hanya untuk tugas dan rutinitas harian seperti memeriksa dan mengirim email atau mencari informasi tapi juga menciptakan website pribadi atau website untuk bisnis atau perusahaan atau menulis kreatifitas, inspirasi, ide dan pemikirannya dalam sebuah blog.
Internet saat ini adalah sebuah jaringan global dari seluruh jangan komputer yang ada di muka bumi. Yang berarti Internet berisikan banyak jaringan-jaringan yang lebih kecil. Jumlah komputer yang disambungkan ke jaringan-jaringan kecil ini berkisar dari 2 atau 3 komputer dalam sebuah jaringan kecil (Intranet) sampai ribuan komputer dalam organisasi yang besar. Tidak ada manusia yang tahu pasti jumlah komputer yang terhubung ke Internet, dikarenakan jumlah ini selalu berubah dan meningkat dari jam ke jam.
Secara garis besar, kita dapat membagi sejarah Internet hingga sampai saat ini ke dalam tiga bagian, yaitu:
  1. FTP, tingkatan pertama
  2. Gopher, tingkatan kedua
  3. World Wide Web, tingkatan ketiga.

File Transfer Protocol - FTP

FTP, sampai saat ini tetap digunakan secara luas untuk melakukan transfer file dari satu komputer ke komputer yang lain. Biasanya seorang user masuk ke dalam server FTP untuk mendownload atau mengupload file. Walaupun FTP mampu melakukan pengiriman dan penerimaan file dari sebuah remote computer, namun FTP tidak dapat digunakan untuk melakukan browsing atau mencari file yang dibutuhkan. Oleh karena itu sebuah service yang disebut Archie dikembangkan untuk menyederhanakan keyword pencarian-pencarian file yang berada di dalam server FTP. Saat ini, FTP digunakan untuk mentransfer data yang besar (file-file besar atau file-file kecil dalam jumlah yang banyak) dari satu komputer ke komputer yang lain. Beragam program FTP client tersedia dan dapat digunakan dengan mudah. FTP masih menyisakan sebuah metode yang lebih cepat daripada HTTP (HyperText Transfer Protocol) dalam hal upload dan download file.

Gopher - Veronica dan Jughead

Gopher adalah sebuah sistem penerimaan dan penelurusan informasi berbasis menu-style. Dikembangkan di University of Minnesota sebagai sebuah sistem informasi untuk kampus yang besar. Gopher diberi nama demikian setelah seorang maskot universitas mendapatkan ide Gopher yang berarti "go-for" information. Pada saat jumlah content meningkat, dibutuhkanlah sebuah kemampuan navigasi yang berupa sistem menu. Fasilitas pencarian (searching) untuk Gopher adalah Veronica yang dikembangkan sama seperti Archie pada FTP. Jughead, merupakan sebuah service pencarian lokal untuk Gopher dikembangkan untuk memfasilitasi pencarian pada jaringan-jaringan lokal.

World Wide Web

Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

Gimana Pelajarannya? Enak kan? Hha, uda ngerti semua kan? Okeh, ntar akan dilanjut dengan pelajaran yang lebih menarik ya? Oke? Bye.. :)

Guugle. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 GuugleTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.